Jumat, 15 Oktober 2010

Lima Sumber Daya Utama dan Bagaimana Sumber Daya Diatur dalam manajemen

Manajer mengelola lima jenis sumber daya yaitu:
1. Manusia
2. Material Sumber Daya Fisik
3. Mesin (termasuk fasilitas dan energy)
4. Uang (money)
5. Informasi (termasuk data) Sumber Daya Konseptual
Sumber daya fisik akan dikelola setelah diperoleh, agar saat diperlukan sumber daya tersebut siap digunakan secara maksimal, bila perlu diganti sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak efisien atau using. Contoh penggantian sumber daya adlah upgrade mesin, rekruitmen pegawai baru, dsb.
Tugas manajer meliputi pengelolaan sumber daya fisik dan mencakup pengelolaan sumber daya konseptual. Dengan mendapatkan data mentah lalu mengolahnya sehingga menghasilkan informasi yang berguna, baru setelah itu memanfaatkan secara efektif untuk mengambil keputusan dan jika perlu mengganti informasi yang usang. Seluruh kegiatan tersebut memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin, dan membuangnya di saat yang tepat, hal ini disebut manajemen informasi.
  • Faktor yang Mendorong Pengelolaan Informasi
Alasan perlu diberikan perhatian pada pengelolaan informasi adalah
1. Kompleksitas kegiatan bisnis meningkat yaitu:
a. Pengaruh ekonomi internasional
b. Persaingan dunia
c. Kompleksitas teknologi yang semakin meningkat
d. Batas waktu yang singkat
e. Kendala-kendala sosial
2. Kemampuan komputer yang semakin baik
Pemakai semakin tahu bagaimana mendayagunakan komputer untuk membantu pekerjaannya.
  • Siapa Pengguna atau User dari Sistem Informasi
Pengguna output komputer pertama adalah pegawai administrasi. Mereka menggunakan output komputer sebagai sumber informasi untuk menangani masalah-masalah akuntansi. Beberapa informasi juga dibuat untuk para manajer dalam bentuk produk aplikasi akuntansi. Ketika perusahaan mengadopsi konsep SIM, terjadi perubahan-perubahan yang awalnya mengutamakan data menjadi informasi dan menekankan pada pekerjaan administrasi menjadi aktivitas pemecahan masalah. Sistem dikembangkan secara khusus untuk mambantu manajer memecahkan masalah. Meski demikian, SIM menunjukkan hal lain, tidak hanya manajer yang memanfaatkannya, nonmanajer dan staf profesional juga menggunakan output tersebut.
  • Pengaruh Level Manajemen Terhadap Sumber dan Bentuk Informasi
Pakar manajemen, Robert N.Anthony, membagi tiga tingkat manajemen pokok yaitu puncak, menengah, dan bawah. Manajer tingkat puncak pada susunan organisasi, seperti presiden dan wakil presiden, sering disebut tingkat perencanaan strategis. Keputusannya berpengaruh ke seluruh organisasi untuk masa kini dan mendatang. Manajer tingkat menengah seperti manajer wilayah, direktur dan kepala devisi. Manajer pada tingkat ini melakukan pekerjaan-pekerjaan bersifat taktis dan dinamakan tingkat manajemen control, karena mereka bertanggung jawab dalam meletakkan perencanaan menjadi pekerjaan nyata dan memastikan akan tercapainya tujuan. Manajer tingkat rendah adalah kepala departemen, supervisi, dan pimpinan proyek, merupakan orang yang bertanggung jawab menjalankan perencanaan yang dibuat oleh manajer pada tingkat di atasnya. Tingkat paling rendah ini dinamakan tingkat control operasional, karena pada tingkat inilah operasional perusahaan ditangani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar