Selasa, 01 November 2011

e-commerce

Tronic commerce, yang umum dikenal sebagai e-commerce, eCommerce atau e-comm, mengacu pada pembelian dan penjualan produk atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan lain jaringan komputer. Namun, istilah ini dapat merujuk ke lebih dari hanya membeli dan menjual produk secara online. Ini juga mencakup seluruh proses online pengembangan, pemasaran, penjualan, pengiriman, pelayanan dan membayar untuk produk dan layanan. Jumlah perdagangan dilakukan secara elektronik telah berkembang luar biasa dengan penggunaan Internet secara luas. Penggunaan perdagangan dilakukan dengan cara ini, memacu dan menggambar pada inovasi dalam transfer dana elektronik , manajemen rantai suplai , pemasaran Internet , proses transaksi online , pertukaran data elektronik (EDI), manajemen persediaan sistem, dan sistem pengumpulan data otomatis. Perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya di satu titik dalam transaksi siklus kehidupan, meskipun mungkin mencakup lebih luas teknologi seperti e-mail , perangkat mobile dan telepon juga.

Sebagian besar elektronik commerce dilakukan sepenuhnya elektronik untuk dalam bentuk maya item seperti akses ke konten premium pada sebuah situs web, namun sebagian besar elektronik commerce yang melibatkan transportasi fisik item dalam beberapa cara. Online pengecer kadang-kadang dikenal sebagai e-tailers dan eceran online kadang-kadang dikenal sebagai e-ekor. Hampir semua pengecer besar kini elektronik hadir pada World Wide Web .

Perdagangan elektronik yang terjadi antara perusahaan yang disebut sebagai bisnis-bisnis atau B2B.B2B dapat terbuka untuk semua pihak yang berkepentingan (misalnya pertukaran komoditi) atau terbatas pada spesifik, pra-kualifikasi peserta ( swasta pasar elektronik ). Perdagangan elektronik yang terjadi antara perusahaan dan konsumen, di sisi lain, ini disebut sebagai bisnis-konsumen untuk- atau B2C .Ini adalah jenis electronic commerce yang dilakukan oleh perusahaan seperti Amazon.com . Belanja online adalah suatu bentuk perdagangan elektronik di mana pembeli langsung online untuk penjual komputer biasanya melalui internet. Tidak ada layanan perantara yang terlibat. Transaksi penjualan atau pembelian selesai elektronik dan interaktif secara real-time seperti di Amazon.com untuk buku-buku baru. Namun dalam beberapa kasus, perantara dapat hadir dalam penjualan atau transaksi pembelian seperti transaksi di eBay.com .

Electronic commerce umumnya dianggap sebagai aspek penjualan e-bisnis. Hal ini juga terdiri dari pertukaran data untuk memfasilitasi pembiayaan dan pembayaran aspek transaksi bisnis.

Perkembangan awal

Awalnya, perdagangan elektronik diidentifikasi sebagai fasilitasi transaksi komersial secara elektronik, menggunakan teknologi seperti Electronic Data Interchange (EDI) dan Transfer Dana Elektronik (TDE) Ini adalah kedua diperkenalkan pada akhir tahun 1970, yang memungkinkan perusahaan untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Pertumbuhan dan penerimaan kartu kredit, anjungan tunai mandiri (ATM) dan perbankan telepon pada 1980-an juga bentuk perdagangan elektronik. Bentuk lain dari e-commerce adalah sistem reservasi maskapai ditandai oleh Sabre di Amerika Serikat dan Travicom di Inggris.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar