Minggu, 30 Mei 2010

Dua teori ketenaga kerjaan (man power)

1. Teori Lewis (1959), yang mengemukakan bahwa kelebihan pekerja merupakan kesempatan dan bukan suatu masalah. Kelebihan pekerja satu sektor akan memberikan andil terhadap pertumbuhan output dan penyediaan pekerja di sektor lain. Ada dua struktur di dalam perekonomian Negara, yaitu :

· Sektor kapitalis modern

· Sektor subsistem

2. Teori Fei-Ranis (1961), yang berkaitan dengan Negara berkembang yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : Sumber Daya Alamnya belum dapat di olah, sebagian penduduknya bergerak di sektor pertanian, banyak pengangguran, dan tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi. Menurutnya ada tiga tahap pembangunan ekonomi dalam kondisi kelebihan buruh,

  • Dimana para pengangguran semu (yang tidak menambah output pertanian), dialihkan kesektor industri dengan upah institusional yang sama.
  • Tahap dimana pekerja pertanian menambah output tetapi memproduksi lebih kecil dari upah institusional yang mereka peroleh, dialihkan pula ke sektor industri .
  • Tahap ditandai oleh awal pertumbuhan swasembada pada saat buruh pertanian menghasilkan output lebih besar dari pada perolehan upah institusional.



http://sawungjati.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar